22 Juli 2008

PILKADES pertama tahun 2008


Hari ini, Pukul 08.00-13.00 Wita, Tim Ambae.exe bersama seluruh masyarakat Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng yang terdaftar sebagai Wajib Pilih berkunjung ke Tempat Pemungutan Suara yang ditempatkan di Aula Kantor Desa Pattaneteang. Dimana akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Pattaneteang Periode 2008-2014. Ini merupakan PILKADES pertama di tahun 2008, dimana ada 4 (empat ) Desa yang ada di Kabupaten Bantaeng yang berakhir masa jabatannya, yakni Desa Baruga (Kec. Pajukukang), Desa Layoa (Kec. Gantarangkeke) dan Desa Bonto Tallasa (Kec. Ulu Ere). Ujar Syahrul Bayan, S.STP (Kasubag Pembinaan Kecamatan dan Kelurahan Setda. Kab. Bantaeng).

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut masing-masing Calon, maka yang berhak maju sebagai berikut :


1. Arsyad
2. Muhammad Ali
3. Bohari
4. H. Sahiruddin

Empat Calon tersebut akan memperebutkan jumlah suara yang terdaftar sebanyak 1.424 suara berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng Periode 2008-2013 Tahun 2008 baru-baru ini. Suasana aman dan kondusif adalah bagian yang tercermin
dari pelaksanaan PILKADES kali ini, dimana dari masing-masing Calon Kepala Desa sebelum melakukan tahapan Pencoblosan, akan menandatangani Surat Pernyataan bersedia menerima Hasil Pemungutan Suara yang ditetapkan oleh Panitia PILKADES, demikian pernyataan Drs. M. Asir, M.Si (Kepala Kantor PM dan Pemdes Kab. Bantaeng).

Ini adalah bagian dari pembelajaran politik kepada masyarakat dan sangat diharapkan adalah partisipasi politik setelah proses pemilihan usai maka kerja Kepala Desa Pattaneteang yang terpilih nantinya akan diperhadapkan dengan masalah kenegaraan yang besar tantangannya, dimana Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng yang terpilih berdasarkan PILKADA tanggal 25 Juni 2008 akan memberikan peluang besar kepada Desa untuk mandiri dan mengembangkan sayap inovasinya dalam membangun Citra Kabupaten Bantaeng ke depan, lirih Asir dalam sambutan pengarahannya pada Pembukaan acara Pencoblosan PILKADES di Aula Kantor Desa Pattaneteang.

Tahapan PILKADES di Kabupaten Bantaeng masih berdasarkan Perda. No. 7 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa yang kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Bantaeng Nomor 78 Tahun 2007 tentang Jumlah Bakal Calon Kepala Desa yang Berhak Mengikuti Seleksi/Penyaringan dan Jumlah Calon Kepala Desa Yang Berhak Maju Dalam Pemilihan Kepala Desa dalam Wilayah Kabupaten Bantaeng. Kami selaku Tim Fasilitasi Penyelenggaraan PILKADES dalam wilayah Kabupaten Bantaeng akan menyelenggarakan sebaik-baik mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk tahun 2008 ini ada 4 (empat) Desa yang akan menyelenggarakan PILKADES yakni Desa Pattaneteang (Kec. Tompobulu pada bulan Juli 2008), Desa Baruga (Kec. Pajukukang pada bulan Agustus 2008), Desa Layoa (Kec. Gantarangkeke pada bulan September 2008) dan Desa Bonto Tallasa (Kec. Ulu Ere pada bulan Nopember 2008), ujar Syahrul Bayan, S.STP.

Akhirnya, dengan ditutupnya Kotak Suara pada pukul 12.30 Wita Jumlah Kertas suara yang masuk adalah 1.115 Lembar dari 1.500 Lembar Kertas Suara yang diterima oleh Panitia. Dari hasil pemantauan Ambae.exe, yang hadir dan memberikan suaranya sebanyak 1.115 Suara dan Suara Batal sebanyak 7 Suara. Dari total Suara tersebut, presentase keikutsertaan masyarakat dalam proses PILKADES sebesar 79%.

Sampai dengan pukul 14.55 Wita, Desa Pattaneteang telah mendapatkan Kepala Desa Terpilih yaitu ARSYAD dengan jumlah suara 417 Suara, menyusul pada urutan kedua MUHAMMAD ALI dengan perolehan suara 287 Suara dan turut meramaikan Suara muncullah H. SAHIRUDDIN dengan perolehan suara 212 Suara serta BOHARI. M dengan perolehan suara 192 suara.

Selanjutnya ditetapkan melalui Keputusan Badan Permusyawaratan Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng Periode 2008-2014 dengan Nomor 02/BPD/PT/…../VII/2008 tertanggal 22 Juli 2008. Maka Saudara ARSYAD kini resmi sebagai Kepala Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng Periode 2008-2014.

Acara Perhitungan Suara ini turut pula dihadiri oleh seluruh Tim Pendukung masing-masing Calon Kepala Desa, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kab. Bantaeng, Kabag Pemerintahan Umum Setda. Kab. Bantaeng, Kabag Humas dan Protokol Setda. Kab. Bantaeng, Danramil dan Kapolsek Tompobulu, Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bantaeng, M. Anas Hasan, SH (Anggota DPRD Kab. Bantaeng), Drs. M. Yusuf (Anggota DPRD Kab. Bantaeng) dan beberapa Kepala Desa se-Kabupaten Bantaeng. Antusias masyarakat yang berada di sekitar Desa Pattaneteang sangat besar yang ditandai tetap seksama menyaksikan perhitungan suara di tengah suasana alam yang sejuk, memberikan warna bahwa Demokrasi Desa Pattaneteang sangat memberikan arti tersendiri bagi perjalanan pemerintahan selanjutnya. Pandangan kalangan masyarakat yang terdiri dari remaja, ibu rumah tangga, tokoh masyarakat, bahkan Calon Kades itu sendiri mencatat setiap lantunan suara yang menyebutkan masing-masing Nomor Calon Kepala Desa.

Harapan kami selaku Tim Penyelenggara PILKADES Kabupaten Bantaeng adalah PILKADES ini adalah memberikan angin segar pembelajaran berdemokrasi pada tatanan terendah di Pemerintahan Kabupaten Bantaeng. Dimana terlihat aman, lancar dan terkendali sehingga bisa menjadi teladan buat desa-desa lainnya yang sebentar lagi akan menyelenggarakan PILKADES di Kabupaten Bantaeng, Ujar Kabag. Pemerintahan Umum Setda. Kab. Bantaeng (Drs. Ansar Tuba, MM).

Semoga PILKADES bukan sekedar dijadikan ajang pesta pemilihan, namun lihatlah sisi terbaik yang ada dalam proses tersebut. Bahwa setiap pelaksanaan Pemilihan Umum harus dijadikan sebagai ajang proses pembelajaran berdemokrasi ke arah kemampuan masyarakat dalam memahami demokrasi itu sebagai suatu hal yang relatif, elastis dan dibutuhkan toleransi. Dan tak kalah pentingnya, beranjak dari proses yang berlangsung demikian singkatnya, kinerja seorang Kepala Desa patut dipacu agar lebih kreatif memanfaatkan dan memberdayakan segala Sumber Daya baik Manusia maupun Alam secara maksimal demi perkembangan Desa yang lebih baik.

0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com