23 Mei 2008

Kekayaan Calon Diumumkan

KPUD Bantaeng akhirnya mengumumkan LHKPN calon Kepala Daerah Bantaeng, kemarin.

Namun,dalam pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon bupati dan wakil bupati di Kantor KPUD Bantaeng ini hanya dihadiri dua pasangan bakal dari keluarga besar Solthan yaitu pasangan Syahlan Solthan-Samhi Muawan Djamal (Syawal) dan Ibrahim Solthan- Sugiarti Manggun Karim (Ibu). Sementara pasangan Nurdin Abdullah-Asli Mustadjab (Nurani) hanya diwakili Ilyas Juru bicara timnya.

Sedangkan pasangan Arvandy Idris-Irvandi Langgara (Mai- Qi) tidak hadir maupun tim pemenangannya. Menurut anggota KPUD Bantaeng Nurbaety,dari hasil laporan kekayaan para calon bupati dan wakil bupati yang diterima dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Presiden Direktur PT Maruki Internasional Indonesia,Nurdin Abdullah menjadi kandidat terkaya dengan total harta mencapai Rp52.185.627.532. Kekayaan calon yang didukung 12 partai politik (parpol) ini, terdiri dari uang tunai baik rupiah dan mata uang asing ditambah harta bergerak dan tidak bergerak.

Kandidat bupati terkaya setelah Nurdin adalah Arvandy Idris dengan total harta kekayaan Rp2.000.625.442. Posisi ketiga ditempati Syahlan Solthan dengan total kekayaannya mencapai Rp1.537.690. 699 dan posisi paling bawah adalah Ibrahim Solthan dengan total Rp1.515.958.551. Untuk posisi calon wakil bupati, kata Nurbaety, jumlah harta kekayaan terbanyak ditempati Irvandi Langgara dengan total Rp1.684. 560.210,kemudian diikuti Asli Mustadjab dengan total kekayaannya Rp1.083.940.136.

Sementara harta milik Sugiarti Manggun Karim hanya mencapai Rp832.445.931 juta, sedangkan posisi paling bawah ditempati Samhi Muawan Djamal dengan jumlah harta kekayaan hanya mencapai Rp117.500.000 juta. “Harta kekayaan para kandidat bupati dan wakil bupati tersebut pada umumnya berasal dari harta tidak bergerak seperti tanah dan bangunan serta warisan dan hibah, ditambah dengan harta bergerak seperti mobil dan motor,”jelas Nurbaety.

Menurut Juru bicara tim pemenangan Nurdin Abdullah, Ilyas harta kekayaan Nurdin yang diumumkan itu masih sebagian dan diperkirakan masih banyak yang tidak dipublikasikan. “Karena Nurdin adalah orangnya yang tidak suka menonjolkan hartanya. Dia orangnya sangat tawadu,” kata Ilyas. Menurut dia, bahwa Nurdin menempati empat posisi president director di beberapa perusahaan internasional, di antaranya adalah Presiden Director PT Maruki Internasional Indonesia, President Director Global Seafood Japan, President Hakata Marine Indonesia dan President Director Hakata Marine Hatchery.

Selain itu posisi jabatan biasa adalah Director Somokawa Industry,Director Nishi Nihon Ozon Industry, Director of Kyushu Medical Co, Ltd, Japan dan Director Owner Hakata Tour dan Travel. “Harta kekayaan yang disetor itu kemungkinan hanya sebagian kecil, Nudin adalah pengusaha internasional, jadi kalau ada kandidat yang mengatakan bahwa jangan pilih calon yang korupsi itu tidak benar, yang korupsi siapa,” ujar Ilyas kepada SINDO.

Sementara menurut Plt Ketua KPUD Bantaeng M Nurfajri,setelah pengumuman harta kekayaan ini,KPUD selaku penyelenggara pilkada akan menempel laporan harta kandidat tersebut di kantor KPUD untuk diumumkan ke masyarakat.“Setelah pengumuman LHKPN kandidat bupati, KPUD mengharapkan selamat bertanding dan menjaga keamanan Bantaeng,” kata Nurfajri kepada pasangan calon bupati dan tim pemenangan masing-masing kandidat. (muh yusuf).

Referensi :
Koran Sindo : http://www.seputar-indonesia.com

0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com